Pendahuluan

Pondok Pesantren sebagai pusat kederisasi Pejuang dakwah Islam, selama ini hanya dipandang sebagai wadah pendidikan saja, 

Sehingga menjadi pemahaman umum bahwa Pondok Pesantren hanya sekedar tempat sekolah, sehingga tidak banyak yang menyadari bahwa Pondok Pesantren sebenernya sebuah Ekosistem yang terintegrasi, baik dari sisi edukasi, ekonomi juga sosial. Hadirnya Kopontren Rohmatul Ummah berharap dapat memberikan pendampingan untuk memanfaatkan sisi ekonomi dari Ekosistem Pondok Pesantren yang saat ini belum tergarap secara maksimal, 

Sehingga mampu menjadi kekuatan ekonomi yang dapat mengangkat perekonomian Pesantren serta masyarakat disekitarnya


Apa itu PROGRAM PESANTREN BERDAYA

Economic Empowerment (Pemberdayaan) Merupakan kata kunci dalam pengembangan sisi ekonomi Pesantren agar semakin produktif juga bermanfaat bagi sekitarnya (Rahmatan lil ‘alamin) 

Mencoba untuk melihat pondok pesantren sebagai sebuah ekosistem yang saling terkait, membuat terciptanya banyak peluang ekonomi dalam kegiatan kesehariannya. 

Mulai dari supply kebutuhan pangan, sandang, hingga kebutuhan teknologi. Yang akan sangat baik apabila kebutuhan tersebut dapat dipenuhi sendiri oleh badan usaha milik pesantren.


Alasan Kenapa Perlu Ikut Program Ini ?

Mengoptimalkan kopontren sebagai badan usaha yg menompang pengeluaran Pesantren

Memaksimalkan setiap peluang usaha yg ada di ponpes

Berpotensi mendapat pengahsilan tambahan